30 Pemanfaatan Cuka Putih yang Wajib Kamu Tahu




Cuka, sudah terkenal sejak ribuan tahun silam, selain sebagai pengawet cuka juga punya banyak manfaat lain. Jika kamu banyak menemukan cuka untuk membuat acar, menambahkannya pada kuah bakso, atau bahkan membuatnya sebagai air pencuci ayam. Kandungan asam asetatnyalah yang paling berguna untuk digunakan.
Nah disini kita akan lebih banyak membahas tentang manfaat cuka putih, dan macam – macam cuka lainnya yang berguna sebagai obat maupun sebagai masak untuk kesehatan. Selain itu cuka juga bisa membuat masakan menjadi lebih lezat dan nikmat. Berikut adalah 30 list pemanfaatan cuka putih yang wajib kamu tahu :

1.Manfaat Cuka Untuk Menyegarkan Sayuran : Jika kamu memiliki sayuran yang layu dan tak lagi segar, cobalah untuk merendamnya di dalam air yang sebelumnya di berikan sedikit cuka putih, maka sayuran kamu akan kembali segar.
2.Manfaat Cuka Bagi Tubuh Mempercepat Penyerapan Kalsium: Membantu proses penyerapan kalsium pada tubuh kamu, kamu boleh mencampurkan sedikit cuka ke dalam makanan yang akan kamu makan, seperti salad ataupun buah. Dengan begini kalsium akan membantu pencegahan osteoporosis pada tulang juga.

3.Manfaat Cuka Untuk Menghilangkan Bau : Setelah memasak pasti bau – bau akan menempel, seperti bau bawang dan amis ikan ataupun ayam. Tenang, kamu bisa menggunakan cuka pada air cucian tangan dan hilang deh baunya. 

4.Manfaat Cuka Bagi Tubuh Menstabilkan Gula Darah : Untuk menstabilkan gula darah pada tubuh, konsumsi cuka ini bisa kamu gunakan sebelum makan, terutama ketika makanan yang tinggi akan karbohidrat.

5.Manfaat Cuka Bagi Tubuh Sebagai Obat / Pencegah Penyakit Diabetes : Cuka bisa menjadi obat anti diabetes, dengan fungsi mengontro glukosa darah. Gunakan cuka untuk campuran kuah sayur yang akan kamu makan, atau mencampurkannya pada acar, jika kamu terbiasa makan dengan pelengkap acar.

6.Manfaat Cuka Bagi Tubuh Yaitu Untuk Mencegah Penuaan Dini : Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dapat membantu kamu dalam mencegah penuaan dini.

7.Manfaat Cuka Untuk Pembersih Rumah : Semua sudut rumah kamu lagi kotor ?, susah untuk membersihkannya. Misal kamu bisa menggunakan cuka untuk membersihkan wastafel dengan campuran sedikit cuka, baking soda, dan air hangat. Praktis dan murah bukan ?.

8.Manfaat Cuka Untuk Mencegah Penyakit Kanker : Penyakit kanker terdengar sangat menyeramkan bukan, selain obatnya yang sulit untuk ditemukan. Kamu bisa menggunakan cuka untuk mencegah tumbuhnya sel – sel kanker.

9.Manfaat Cuka Untuk Menjebak Lalat : Lalat buah ataupun lalat apapun memang menjengkelkan bukan. Kamu bis amenggunakan cuka yang sudah diletakkan di sebuah piring dan beberapa buah yang sudah ddihancurkan sebelumnya, gunakan plastic dengan lubang – lubang untuk menutupnya maka lalat akan tertarik untuk masuk tanpa bisa keluar.

10.Manfaat Cuka Untuk Memutihkan Baju : Baju putih, atau bahkan seragam terkena noda sehingga membuat kamu enggan untuk menggunakan baju tersebut. Tak masalah lagi jika kamu mengerti tips untuk menjadikan cuka sebagai penghilang noda pada pakaian putih.

11.Manfaat Cuka Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Mencegah Stroke : Wah, super sekali ya manfaat cuka ini, bukan hanya pemanfaatan luar, jika kamu mengkonsumsinya pun juga akan menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah stroke yaitu dnegan mencegah penyempitan pembuluh darah ataupun pembekuan darah.

12.Manfaat Cuka Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih : Punya berat badan yang tak ideal, atau obesitas, tenang manfaat cuka yang kamu konsumsi bisa membantu menurunkan berat badan dan menjadi pengganti lemak yang baik.

13.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Lantai Rumah : Bukan hanya untuk dikonsumsi, cuka juga bermanfaat sebagai pembersih lantai. Gunakan cuka ke dalam ember air untuk mengepel, atau khusus meneteskannya untuk noda lantai yang membandel dan bakteri lantai.

14.Manfaat Cuka Untuk Merawat Rambut : Menggunakan cuka sebagai kondisioner akan membantu rambut lebih sehat karena kandungan antibakterinya dan membunuh kuman yang menempel pada rambut.

15.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Tempat Sampah : Bau pada tempat sampah memang tak terhindarkan, sekalipun kamu sudah membersihkannya. Kamu bisa menggunakan campuran cuka dan air untuk membekukannya terlebih dahulu dan gunakan untuk membersihkannya.
16.Manfaat Cuka Untuk Megobati Infeksi Pada Luka : Antibakteri yang terkandung dalam cuka bisa digunakan untuk obat luar, yaitu untuk luka yang berfungsi sebagai infeksi. Selain itu infeksi dalam tubuh seperti tenggorokan juga akan terbantu dengan mengkonsumsi cuka yang sudah dicampurkan pada air.

17.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Noda Pada Alas Kaki, Karpet dan Sepatu : dengan cara mencampurkan cuka pada detergen sebelum mencuci akan membantu menghilangkan noda yang mengganggu pada barang – barang kamu. 

18.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Cermin dan Kaca Jendela Rumah : Noda pada kaca rumah, atau cermin di kamar membuat kamu tidak nyaman untuk bercermin. Kamu bisa menggunakan cuka untuk membersihkannya dengan kain lap.

19.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Tinta Pada Tembok : Dinding rumah kamu penuh dengan coretan karena kehadiran bocah kecil yang kreatif, entah itu anak kamu, atau keponakan yang mulai belajar menulis dan membuat dinding sebagai medianya. Siapkan segelas cuka, dengan campuran baking soda, dan air hangat gunakan spons untuk menggosoknya hingga bersih.

20.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Noda yang Membekas Pada Gelas : Gelas kamu sudah berumur, karena penggunaannya misalkan saja terlalu sering untuk digunakan membuat teh, kopi dan alcohol dan semacamnya. 
21.Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Lemari Es : Sama seperti cara membersihkan menggunakan cuka yang lainnya, iya hanya dnegan menambahkan cuka ke dalam air pembersih.

22.Manfaat Cuka Untuk Membuat Perabotan Rumah Menjadi Mengkilap :  Jika kamu memiliki perabotan rumah yang terbuat dari besi dan semacamnya, tak perlu ragu untuk menggunakan cuka sebagai pembersihnya. Karena bukan hanya bersih, namun juga mengkilap seperti baru lo.

23.Manfaat Cuka Untuk Membunuh Berbagai Macam Serangga Seperti Kecoa : Begitu menjijikkan jika kita harus berdampingan dengan si kecoa ini, bukan hanya itu, kamu akan lebih merasa jijik lagi jika harus membunuhnya. Kamu bisa membuat jebakan dengan menggunakan cuka.

24.Manfaat Cuka Bukan Hanya Untuk Manusia, Namun Juga Hewan : Kamu memiliki hewan peliharaan dan kesulitan untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cuka sebagai pembersih, yaitu untuk membersihkan telinga dan kuku – kuku hewan kamu.

25.Manfaat Cuka Untuk Mengontrol Pertumbuhan Rumput Liar : Tanaman hias memang ditujukan untuk mempercantik pemandangan rumah, namun jika itu terganggu dengan tumbuhnya rumput liar sungguh akan menggaggu bukan. Gunakan cuka dengan campuran air kemudian menjadikannya ramuan untuk menyemprotnya.

26.Manfaat Cuka Untuk Melunakkan Permen Karet yang Mengeras Pada BendaSering kali kamu akan menemukan kelakuan jail si anak, yang kerap kali menempelkan sisa permen karet pada tembok dan semacamnya, kesulitan untuk menghilangkan bekasnya. Kamu bisa menggunakan cuka.

27.Manfaat Cuka Untuk Menyegarkan Bunga Dalam Vas : Menyimpan bunga dalam vas memang menjadi hobi yang unik, selain itu kamu harus bisa merawatnya bukan. Jika kamu kesulitan tambahkan sedikit cuka dalam air vas dan membuat bunga tahan lama segarnya.

28.Manfaat Cuka Untuk Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan : Lakukan perawatan dengan memandikannya dengan larutan cuka. Dan bilas dengan shampoo hewan hingga bersih.

29.Manfaat Cuka Untuk Mengawetkan Makanan : Kamu pasti tak asing dengan makanan seperti acar, asinan dan semacamnya. Karena ini akan membuat buah menjadi segar dan menjadi pengawet makanan yang alami.

30.
Namun, ingat sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik bukan ? seperti : akan menurunkan penyerapan potassium dan keroposnya tulang, dan kontraksi dengan obat – obatan jantung maka sebelum kamu mengkonsumsinya hendak mengkonsultasikan dulu kepada dokter. Bagaimana menurut kamu ? kamu mau mencobanya ?.

sumber : vebma.com